Arti Plat Nomor Putih pada Kendaraan Bermotor dan Penjelasan

author-imageDany M. Ridwan | 09 Jan 2023
Share
share-copylink
Detail Article

Sobi Caroline, tahukah kamu bahwa ada arti plat putih di balik aturan penggantiannya? Sejak awal disosialisasikan bahwa ada penggantian plat kendaraan bermotor, muncul banyak opini pro dan kontra. Tidak dijalankan begitu saja, perubahan plat nomor dari hitam ke putih ternyata digunakan agar mempermudah sistem untuk mengenali kendaraan. 

 

Perlu diketahui bahwa plat nomor kendaraan merupakan komponen penting pada mobil atau motor. Aturan ini juga tertulis pada Undang-Undang Lalu Lintas dan Angkutan Jalan Pasal 288 ayat (1) yang menyatakan bahwa setiap pengendara yang tidak dilengkapi STNK dan plat nomor akan dikenai sanksi kurungan paling lama 2 bulan atau denda Rp.500.000. 

 

Untuk itu, sebaiknya Sobi Caroline mengenal lebih dalam mengenai plat nomor kendaraan terutama arti plat putih yang mulai diterapkan pada setiap kendaraan bermotor pada pertengahan tahun 2022. Tidak perlu bingung mencari informasinya sebab Caroline akan memaparkan penjelasan selengkapnya melalui artikel berikut ini.

 

CTA Banner Cuci Gudang Maret.webp

Apa Itu Plat Nomor?

Plat nomor adalah sebuah identitas bagi sebuah kendaraan bermotor yang memudahkan orang lain terutama aparat kepolisian untuk mengenali asal dan jenis kendaraan. Perlu diketahui bahwa sebenarnya plat nomor kendaraan tidak disusun begitu saja, melainkan berdasarkan kode khusus daerah masing-masing. 

 

Bahkan, terdapat kode dan warna tersendiri yang membedakan jenis kendaraan dan kepentingannya. Angka plat nomor kendaraan disusun sesuai nomor urut saat Sobi Caroline mendaftar di kantor sistem administrasi manunggal di bawah satu atap atau umum disebut dengan Samsat. 

 

Umumnya dalam satu plat nomor, terdapat 8 karakter berupa 4 huruf dan 4 angka yang menunjukkan kode wilayah, nomor registrasi, dan masa berlaku kendaraan. Bahan dasar pembuatan plat nomor kendaraan memanfaatkan alumunium yang tidak mudah berkarat dan cukup mudah untuk dibersihkan.

Apa Arti Plat Nomor Putih 2023?

Semenjak tahun 2021, diberlakukan aturan baru yang mengatur penggunaan plat nomor dengan warna baru. Lalu, pada bulan Juni tahun 2022, secara resmi plat nomor putih diterapkan serta didistribusikan untuk kendaraan pribadi masyarakat umum. Namun, perbedaan pada kode seri berupa susunan dua huruf masih digunakan sebagai tanda bahwa kendaraan tersebut bukanlah kendaraan pribadi.

 

Peraturan mengenai penggunaan plat nomor putih ini diatur dalam Peraturan POLRI Nomor 7 Tahun 2021. Pada peraturan tersebut membahas bahwa plat nomor resmi berwarna putih dengan tulisan hitam yang digunakan untuk kendaraan bermotor perseorangan, badan hukum, Pengguna Non Angkutan (PNA), serta Badan Internasional.

Apa Saja Fungsi Plat Nomor?

Secara umum, fungsi plat nomor digunakan untuk mengidentifikasi jenis dan informasi lengkap seputar kendaraan yang teregistrasi di sistem administrasi. Namun, ada yang membedakan setiap fungsi plat nomor berdasarkan warna plat. Berikut penjelasan selengkapnya:

1. Warna Hitam dan Putih

Bagi kendaraan umum, Sobi Caroline menggunakan warna plat nomor kendaraan hitam atau putih. Warna hitam adalah jenis pelat nomor lama yang kini telah diubah menjadi plat nomor berwarna putih. Sobi Caroline mungkin masih banyak menemukan penggunaan plat nomor hitam di setiap ruas jalan. 

 

Hal ini berarti kendaraan tersebut belum habis masa berlakunya, sehingga belum mendapatkan plat baru. Namun nanti ketika melakukan perpanjangan, tenang saja, Sobi Caroline akan tetap mendapatkan plat baru berwarna putih dengan tulisan hitam.

2. Warna Merah

Jika Sobi Caroline pernah melihat mobil dengan plat warna merah, hal tersebut bukan sembarang ditentukan. Melainkan plat khusus yang ditujukan untuk kendaraan instansi pemerintahan. 

3. Warna Hijau

Plat berwarna hijau pada kendaraan menurut Undang-Undang merupakan jenis kendaraan yang tidak boleh dimutasikan atau digunakan di wilayah di luar Indonesia. Selain itu, plat kendaraan hijau ini juga dikhususkan pada kendaraan yang berada pada kawasan perdagangan bebas yang mendapatkan biaya bebas masuk. 

4. Warna Kuning

Warna plat yang terakhir adalah warna kuning. Plat berwarna kuning digunakan untuk jenis kendaraan berupa angkutan umum yang beroperasi di wilayah Indonesia. Sebagai contoh angkot, bus kota, taksi, dan lain sebagainya. 

 

Baca Juga: Jangan Sampai Telat Ganti Oli, Ini Akibat Berbahayanya!

Kenapa Plat Nomor Kendaraan Berubah dari Hitam menjadi Putih?

Seperti yang telah disebutkan sebelumnya, pergantian plat dari warna hitam ke warna putih bukan ditetapkan tanpa alasan. Hal tersebut dilandasi dengan tujuan dan alasan tertentu. Adapun alasan kenapa plat nomor kendaraan berubah menjadi warna putih antara lain:

1. Mempermudah Identifikasi Tilang

Perubahan sistem plat nomor kendaraan dilakukan dengan tujuan mempermudah identifikasi tilang elektronik. Dalam penggunaan CCTV sebagai metode penilangan yang baru, plat nomor berwarna hitam diketahui lebih sulit untuk terbaca pada sistem. 

 

Oleh karena itu, plat nomor putih ini akan dipasangi oleh chip dan akan diberlakukan secara bertahap sejak awal tahun 2022. Perlu kamu pahami bahwa nantinya chip ini akan berisi data pribadi pemilik kendaraan, yang dimana, hal itu akan mempermudah Polisi untuk memantau perilaku berkendara melalui ELTE. Jadi, jika kamu melakukan pelanggaran atau ketidaksesuaian dalam berkendara, tentunya akan segera ditindak atau dikenakan tilang.

2. Meningkatkan Transparansi 

Pergantian warna plat mobil ini diharapkan dapat membantu transparansi pada sistem tilang. Sebab dengan adanya tilang elektronik, tandanya tidak akan ada lagi pelanggaran lalu lintas yang tidak terdeteksi terlebih pada pelanggaran di dalam mobil seperti penggunaan seat belt. Kebijakan ini diharapkan dapat menegakkan denda dan saksi pada para pelanggar lalu lintas secara merata dan lebih jelas bukti pelanggarannya. 

 

Baca Juga: Deretan 5 Mobil Termurah di Indonesia 2022, Mana yang Paling Bagus?

Apa Arti Plat Nomor Putih pada Kendaraan Bermotor?

Perubahan warna plat nomor kendaraan bermotor ini sudah berlaku secara nasional. Hal ini sudah mengacu berdasarkan Perpol Nomor 7 Tahun 2021 Pasal 45 ayat 1(a) tentang TNKB kendaraan motor perseorangan, badan hukum, Perwakilan Negara Asing (PNA), dan Badan Internasional akan berubah menjadi warna putih dengan tulisan hitam.

 

Setelah mengenal penjelasan mengenai plat nomor dan alasan penggantian plat nomor dari hitam ke putih, sudahkah Sobi Caroline bisa menyimpulkan apa arti plat putih kendaraan? Jika masih belum, berikut Caroline bagikan informasi selengkapnya mengenai arti plat putih:

1. Pertanda Pembelian Mobil Baru atau Perpanjangan Masa Berlaku

Arti plat putih pada kendaraan bermotor menandakan bahwa mobil atau motor tersebut baru saja dibeli atau melakukan perpanjangan pajak rutin 5 tahun. Untuk mengetahui masa pajak kendaraan bermotor, Sobi Caroline bisa mengecek masa berlaku pada bagian bawah STNK  atau cek melalui angka kecil di bagian bawah plat nomor. Dua angka di bawah plat berarti bulan dan tahun masa berlaku pajak. 

2. Dipasang Teknologi Chip

Ketika kamu mengganti plat menjadi berwarna putih, hal ini berarti kendaraan kamu sudah menggunakan teknologi chip yang berisi informasi mengenai data pemilik kendaraan sehingga mempermudah sistem tilang elektronik nantinya. 

 

Selain itu, informasi pelanggaran yang dilakukan dan riwayat pembayaran e-tilang juga akan tersimpan dalam chip. Jadi pastikan Sobi Caroline tetap menaati peraturan lalu lintas saat berkendara. Tak berhenti sampai disitu, chip ini juga berfungsi untuk memudahkan pembayaran tol sebab membolehkan pengendara membayar biaya masuk tanpa menggunakan kartu. 

3. Perubahan Pemilik Kendaraan

Saat membeli mobil bekas, Sobi Caroline bisa mengurus perubahan warna plat hitam ke plat putih. Hal ini dikarenakan saat kamu membeli mobil dari seseorang, umumnya akan dilakukan proses balik nama untuk mobil tersebut. Oleh sebab itu Sobi Caroline secara otomatis mendapatkan plat nomor versi terbaru yaitu berwarna putih. 

4. Pada saat masa berlaku plat nomor sudah habis

Sejak diberlakukannya peraturan plat nomor warna putih ini di pertengahan 2022 silam, siapapun yang masa berlaku plat nomor kendaraannya sudah habis maka akan memperoleh plat nomor putih sebagai penggantinya. Sebab seperti yang kita ketahui, bila masa Tanda Nomor Kendaraan Bermotor (TNKB) telah habis (bisa dilihat dari angka yang menunjukkan bulan serta tahun di bagian pojok kanan bawah), maka kamu mesti mengurus TNKB yang baru.

 

CTA Banner Jual Beli Caroline.webp

5. Melakukan perpanjangan STNK 5 tahunan

Ketika melakukan pembayaran pajak kendaraan bermotor dan perpanjang STNK 5 tahunan, salah satu yang akan Sobi Caroline peroleh adalah plat nomor baru. Sama halnya seperti penjelasan diatas, bahwa kamu akan menerima plat putih setelah selesai mengurus perpanjangan STNK 5 tahunan yang berlaku dari bulan Juni 2022 lalu.

 

Baca Juga: Yakin Mau Beli Toyota Agya? Wajib Ketahui Beberapa Hal Ini Dulu!

 

Tentu saja tidak semua penjual mobil bekas menyediakan fasilitas balik nama. Beberapa penjual mobil bekas tidak memastikan seluruh proses administrasi terselesaikan dengan baik antara penjual dan pembeli. Maka dari itu, beberapa orang cenderung tidak menyukai ide pembelian mobil bekas karena banyak stigma buruk termasuk pada kualitas mobil yang kurang baik. 

 

Namun, saat ini Sobi Caroline tidak perlu khawatir jika ingin membeli mobil bekas berkualitas baik dengan harga yang terjangkau. Caroline.id , platform jual beli mobil bekas yang tepercaya siap memberikan pelayanan yang terbaik dan jaminan kualitas mobil unggulan untuk Sobi Caroline. 

 

Tak perlu khawatir soal proses administrasi, Caroline menjamin keseluruhan proses mulai dari transaksi hingga surat-surat mobil terselesaikan, sehingga Sobi Caroline tidak akan kesulitan untuk mengurusnya. Sebelum dijual di platform kami, semua mobil bekas mulai dari HondaMazdaWuling, dan lain sebagainya telah melewati proses pengecekan yang ketat.

 

Selain mobil bekas, Caroline.id juga menyediakan penjualan mobil baru dari berbagai merek mobil dengan masa inden yang jauh lebih cepat dibandingkan dengan dealer mobil baru lainnya. 

 

Untuk pembelian mobil bekas, kamu juga diberikan garansi 7G+ untuk tes kecocokan mobil dan tarikan mesinnya. Penawaran harga yang diberikan pun sangat fair dan terjangkau sehingga cocok baik bagi penjual maupun pembeli. Menarik bukan? 

 

Jika Sobi Caroline berminat untuk menjual atau membeli mobil bekas, langsung saja kunjungi Caroline.id untuk mendapatkan informasi selengkapnya. Dapatkan berbagai penawaran menarik pada mobil impian kamu dengan kualitas unggulan sekarang juga. Semoga informasi arti plat putih ini bermanfaat untuk Sobi Caroline. 

AUTHOR
author-image
Dany M. Ridwan

Digital Analyst di PT Autopedia Sukses Lestari Tbk yang merupakan perusahaan holding dari Caroline.id. Sebagai penanggung jawab TikTok, Instagram dan blog, Dany berpengalaman dalam mengemas konten otomotif dalam bentuk artikel, video, maupun gambar statis. Dany telah berhasil meningkatkan visibilitas website, traffic media sosial dan channel lain dengan kontennya.

Jangan Lewatkan

menu

Caroline.id merupakan platform jual beli mobil dengan tiga layanan utama yaitu jual, beli dan tukar tambah dan bisa diakses secara daring atau mengunjungi dealer Caroline.id terdekat.

Ikuti Kami

Icon social media instagramIcon social media facebookIcon social media tiktok
icon IC certificate SGS ISO 14001
© 2024 caroline.id Hak Cipta Terpelihara PT. Autopedia Sukses Lestari Tbk