All New Avanza vs Xenia 2022, Perbedaan dan Lebih Bagus Mana?

author-imageDany M. Ridwan | 25 Aug 2022
Share
share-copylink
Detail Article

Kalau kita berbicara tentang Toyota Avanza pasti tidak bisa lepas dari kembarannya, apa lagi kalau bukan Daihatsu Xenia.

 

Dari generasi pertamanya, kedua mobil sudah menjadi rival ketat, hingga pada November 2021, generasi terbaru Avanza dan Xenia hadir dengan facelift yang lebih modern, sporty, serta mewah.

 

Lalu untuk generasi terbaru ini, apa perbedaan kedua mobil menawan tersebut sehingga kamu tidak kebingungan dalam memilihnya? Yuk simak ulasannya di bawah ini.

Perbedaan All New Avanza vs Xenia 2022

All New Avanza vs All New Xenia, lebih bagus mana? simak ulasannya berikut ini!

 

Meski kini Avanza dan Xenia sama-sama dibuat lebih mewah dan sekilas tidak terlalu berbeda, nyatanya ada beberapa perbedaan yang jelas antara dua mobil MPV ini. Berikut penjelasan detailnya.

1. Perbedaan Mesin All New Avanza vs All New Xenia 

 

Dari mesin, kedua mobil kini sudah setara, yaitu sama-sama memiliki varian 1.3 L dan 1.5 L. Daihatsu sudah tidak lagi menjual Xenia varian 1.0 L seperti pada generasi sebelumnya, sehingga kini Avanza dan Xenia punya pilihan mesin yang sama. 

 

Baik mesin 1.3 L maupun 1.5 L sama-sama punya transmisi manual 5-percepatan dan CVT otomatis. Sementara itu transmisi 4-percepatan otomatis di generasi sebelumnya kini telah berganti dengan transmisi CVT otomatis.

 

Dengan pergantian tersebut, berkendara dengan Avanza atau Xenia menjadi lebih mulus, ditambah adanya penggerak roda depan atau front wheel drive (FWD), membuat berkendara menjadi lebih efisien. 

2. Perbedaan Eksterior All New Avanza vs All New Xenia

Eskterior All New Avanza dan All New Xenia yang dibuat lebih berotot pada facelift terbarunya

 

Dari eksteriornya, baik Avanza maupun Xenia sama-sama berubah drastis penampilannya, menjadi lebih berotot dan mewah. Grille yang sekarang lebih besar dan lampu depan yang lebih tipis membuat tampilan berotot tersebut berkesan mewah dan premium.

 

Perbedaan Avanza dan Xenia bisa dilihat dari bagian depannya yang mana All New Xenia punya foglamp yang vertikal, sementara Avanza seperti bumerang.

 

Meskipun kedua mobil punya velg berukuran 16 inci, tapi desainnya berbeda, yang mana Avanza masih pakai velg standar, sementara Xenia menggunakan velg polished A/W sehingga terlihat lebih “tampan”.

 

Bagian dalam kedua mobil ditingkatkan menjadi lebih mewah. Di dashboard Xenia, desain dibuat lebih sporty. Meski begitu, ada fitur yang dipangkas, contohnya seatbelt reminder yang sudah ditemukan pada All New Avanza 2022, tapi di All New Xenia diganti dengan card holder

 

Baca Juga: Mengenal 5 Perbedaan Avanza Tipe E dan G Tahun 2022

3. Interior All New Avanza vs All New Xenia

Interior All New Avanza yang sangat lengkap

 

Untuk setir, Xenia hanya dilengkapi pengaturan tilt steering, sementara di Avanza, sudah dilengkapi tilt & telescopic.

 

Pada interior facelift kali ini, bisa dilihat bahwa Daihatsu fokus dalam menghadirkan kepraktisan, sementara Avanza fokus pada kelengkapan fitur. Ada berbagai ruang penyimpanan pada interior All New Xenia, mulai dari smartphone pocket, cup holder pada dashboard, termasuk card holder. Sementara itu Avanza menyematkan USB Port dan Power Slot baru untuk semua tipenya.

4. Perbedaan Fitur All New Avanza vs Xenia 2022

Untuk fitur entertainment-nya, baik Toyota Avanza dan Daihatsu Xenia kini dilengkapi dengan head unit berukuran 9 inci yang lebih besar dibanding sebelumnya. Namun, terdapat perbedaan pada konektivitas Android Auto dan Apple CarPlay yang belum tersedia pada Avanza. Xenia tipe tertinggi bahkan sudah dilengkapi dengan kamera 360 derajat seperti Toyota Veloz 2022.

 

Kemudian dari segi fitur keselamatan, baik Toyota maupun Daihatsu telah menyematkan fitur keselamatan canggih pada kedua mobil tersebut. Toyota memasang Toyota Safety Sense (TSS), sementara Daihatsu membawa fitur yang disebut Advanced Safety Assist (ASA). Akan tetapi, hanya Avanza yang telah dilengkapi dengan fitur Blind Spot Monitoring Assist dan Rear Crossing Traffic Alert.

 

Baca Juga: Avanza vs Xenia, Mana yang Lebih Baik?

5. Harga All New Avanza vs All New Xenia

Beli mobil di Caroline, banyak untungnya!

 

Di Caroline, kamu bisa mendapatkan All New Avanza dan Xenia dengan harga yang terjangkau, biar gak penasaran, bisa langsung saja kunjungi Caroline.id untuk menemukan Avanza dan Xenia pilihan kamu.

 

Itulah pembahasan seputar perbedaan Toyota Avanza vs Daihatsu Xenia 2022. Kedua mobil punya kelebihannya masing-masing karena punya tujuan yang berbeda. Xenia mengedepankan kepraktisan dalam berkendara, sementara Avanza mengedepankan kelengkapan fitur. 

 

Baca Juga: Tarif Pajak Mobil Avanza dan Cara Membayarnya

 

Bagi kamu yang ingin membeli mobil baru di Caroline.id, seluruh prosesnya sangat mudah sehingga kamu dapat membawa pulang mobil dengan cepat dan aman! Jangan khawatir terhadap kualitasnya, sebab Caroline.id memberikan perlindungan garansi 7G+ yang terdiri dari: 

 

1. Jaminan mobil yang dijual sudah diservis.

2. Garansi dokumen lengkap yang asli.

3. Garansi mesin, transmisi, dan rem selama satu tahun.

4. Garansi AC dan komponen kelistrikan lainnya selama satu tahun. 

5. Garansi mobil bukan bekas kecelakaan besar atau terendam banjir.

6. Garansi buy back alias pembelian kembali oleh Caroline.id dalam jangka waktu maksimal 5 hari sejak penerimaan apabila mobil tidak sesuai. 

7. Garansi nomor mesin dan rangka yang pasti asli.

8. Garansi plus suspensi dan kemudi. 

 

Yuk kunjungi Caroline.id sekarang juga dan temukan promo menarik khusus untuk kamu!

AUTHOR
author-image
Dany M. Ridwan

Digital Analyst di PT Autopedia Sukses Lestari Tbk yang merupakan perusahaan holding dari Caroline.id. Sebagai penanggung jawab TikTok, Instagram dan blog, Dany berpengalaman dalam mengemas konten otomotif dalam bentuk artikel, video, maupun gambar statis. Dany telah berhasil meningkatkan visibilitas website, traffic media sosial dan channel lain dengan kontennya.

menu

Caroline.id merupakan platform jual beli mobil dengan tiga layanan utama yaitu jual, beli dan tukar tambah dan bisa diakses secara daring atau mengunjungi dealer Caroline.id terdekat.

Ikuti Kami

Icon social media instagramIcon social media facebookIcon social media tiktok
icon IC certificate SGS ISO 14001
© 2024 caroline.id Hak Cipta Terpelihara PT. Autopedia Sukses Lestari Tbk