Ternyata Ini Penyebab Alarm Mobil Tidak Bunyi, Penting!

author-imageDany M. Ridwan | 19 Apr 2024
Share
share-copylink
Detail Article

Halo Sobi Caroline! Salah satu aksesoris mobil yang memiliki fungsi penting adalah alarm. Meski demikian, di beberapa waktu alarm mobil tidak bunyi. Padahal kamu sudah menekan tombol alarm. Hal ini tentu saja membuat was-was. 

 

Sebab, khawatir jika ternyata mobil tidak terkunci saat alarm tidak menyalakan bunyi. kamu harus memastikan kembali jika mobil telah terkunci dengan baik saat ditinggalkan.

 

Sebelum membahas alasan alarm mobil tidak bunyi, mari kita bahas jenis-jenis alarm pada mobil terlebih dahulu.

Jenis-jenis Alarm pada Mobil

Terdapat dua varian alarm mobil yang dapat dibedakan berdasarkan produksinya: original equipment manufacturer (OEM) dan aftermarket. Berikut adalah penjelasan mengenai keduanya untuk menghindari kebingungan.

1. Alarm OEM

Alarm ini khusus dirancang untuk merek tertentu dan diproduksi oleh pabrik mobil. Fokus utama dari alarm OEM adalah perlindungan kendaraan dari pencurian.

Alarm OEM umumnya dilengkapi dengan fitur one way remote start, one way door locks, horn trigger, dan starter/injector kill.

2. Alarm Universal atau Aftermarket

Alarm ini merupakan jenis yang dipasang di luar pabrik. Salah satu keunggulan alarm universal adalah fitur yang lebih beragam dibandingkan alarm OEM.

Untuk meningkatkan keamanan, pemilik mobil dapat menambahkan beberapa fitur dan komponen tambahan, seperti alarm keyless.

Dari segi cara kerja, alarm mobil dapat dibedakan menjadi tujuh jenis:

3. Auto lock/unlock

Alarm ini menggunakan sensor mesin untuk mengunci pintu secara otomatis saat mesin dinyalakan, dan membukanya saat mesin dimatikan.

4. Remote Controlled Sensor Bypass

Alarm ini merupakan pengembangan dari auto unlock, di mana pemilik mobil dapat mengontrol kapan pintu harus dibuka atau dikunci menggunakan remote.

5. Anti Scan

Sistem keamanan ini melindungi mobil dari upaya pencurian dengan merusak sistem keamanan oleh pencuri yang mencoba membajak nomor dan kode frekuensi.

6. Two Stage Shock Sensor/Dual Zone Shock Sensor

Alarm ini sensitif terhadap guncangan. Jika tanda bahaya dari guncangan pertama diabaikan, alarm akan mengeluarkan suara yang lebih keras sebagai peringatan.

6. Automatic Disable Sensor/Starter Disable Output

Saat mobil dinyalakan secara paksa oleh pencuri, alarm jenis ini akan memutus aliran listrik pada pengapian mobil.

7. LED System Status Indicator

Alarm ini memberikan tanda bahaya dalam bentuk kode kedip, yang menunjukkan tingkat gangguan pada mobil.

8. GPS Car Alarm

Alarm ini tidak memberikan bunyi atau kode kedip, melainkan bekerja dengan melacak lokasi mobil. Ketika mobil dibobol, alarm ini akan langsung mengetahui lokasi mobil tersebut.

 

Dapat dikatakan bahwa alarm GPS merupakan yang paling canggih dan mutakhir karena kemampuannya dalam melacak lokasi mobil saat terjadi pencurian.

 

Namun, yang paling banyak dimiliki dan jadi masalah kebanyakan orang adalah alarm Auto lock/unlock. Maka dari itu, berikut kami akan fokuskan bahasan kepada “Alasan alarm mobil tidak bunyi”, tepatnya pada alarm door lock.

Ini Alasan Alarm Mobil Tidak Bunyi saat Dikunci

Ada beberapa faktor penyebab alarm mobil mengalami masalah. Mulai dari masalah mengenai baterai hingga faktor lain yang cukup penting. Berikut ini ulasannya!

1. Baterai Kunci Remote Habis

Jika baterai pada kunci remote mobil kamu sudah habis atau lemah, maka sinyal untuk mengaktifkan alarm mungkin tidak terkirim dengan baik. Maka dari itu, kunci remote tidak akan bekerja dengan baik.

 

Untuk mengatasinya, kamu harus segera melakukan penggantian baterai yang baru. Cara sementara, kamu bisa mengunci mobil dengan cara konvensional. Supaya mobil kamu tetap aman meski ditinggalkan.
 

Sebagai catatan, jangan lupa untuk mengganti baterai mobil sesuai dengan speknya. Sebaiknya pilihlah sparepart pembelian terpercaya. Sebab ada beberapa kasus baterai yang tidak berfungsi dengan baik karena tidak cocok dengan alarm mobil kamu.

2. Sistem Alarm Rusak

Penyebab alarm mobil tidak bunyi berikutnya adalah sistem alarm mengalami kerusakan. Misalnya saja kabel yang putus dan menyebabkan koneksi juga terputus. Tak hanya itu, bisa juga ada masalah pada sensor, buzzer, sirkuit kontrol dan hal lainnya. 

 

Termasuk masalah kelistrikan yang bisa saja mengalami korsleting. Apabila terjadi kerusakan semacam ini, maka perlu ada penggantian komponen penyebab kerusakan.

 

Kamu bisa membawa ke mekanik untuk memastikan mengenai hal ini. Sebab tidak semua permasalahan terkait alarm, bisa ditangani sendiri. Supaya mekanik melakukan pengecekan secara menyeluruh terhadap komponen tersebut. 

3. Pengaturan Alarm Tidak Tepat

Penyebab berikutnya alarm mobil tidak bunyi adalah adanya pengaturan yang tidak tepat. Bisa saja kamu mengaturnya dengan “Valet Mode” atau mode senyap. Biasanya mode ini digunakan oleh petugas valet saat mengatur mobil.

 

Apabila kamu ingin mengubahnya, maka cukup membuka pintu kemudi lalu menekan tombol lock pada alarm. Kemudian ganti dengan tombol unlock supaya alarm kembali mengeluarkan suara.

 

Namun jika cara ini juga tidak berhasil, bisa saja ada pengaturan lain yang keliru. Cobalah untuk mengikuti pengaturan alarm mobil sesuai petunjuk penggunaan. Supaya lebih tepat dalam penggunaannya.

 

Tidak hanya itu, biasanya jika ada penggantian baterai, maka sistem alarm perlu diatur ulang. Mungkin hal ini juga jadi penyebab tidak adanya bunyi pada alarm.

4. Pintu Mobil Belum Tertutup Rapat

Terakhir adalah karena ada kelalaian dalam menutup pintu mobil. Biasanya posisi pintu masih terbuka atau belum tertutup dengan rapat. Sehingga alarm mobil pun tidak berbunyi.

 

Maka dari itu sebelum kamu panik karena alarm, sebaiknya cek kondisi seluruh pintu mobil. Pada bagian mana yang masih belum tertutup rapat. Kemudian coba kembali kuncinya setelah semua telah diperiksa.

 

Apabila kamu mengalami masalah pada alarm mobil, sebaiknya tidak panik terlebih dahulu. Lakukan pengecekan terhadap komponen yang bisa kamu periksa terlebih dahulu. Baru setelahnya kamu bisa membawa ke mekanik, apabila tidak mendapatkan jawaban atas masalah tersebut.

Butuh Mobil dengan Kondisi Bagus & Bergaransi? Simak Promo Mobil Bekas Caroline.id Mulai April 2024

Mobil DP Suka-suka, Mulai 1 Juta!

Pertama, ada promo TDP 1 Juta. Yak kamu tidak salah dengar kok, beli mobil lebih murah dari motor, 1 juta! Dan pastinya cicilannya juga rendah kok.

 

Konsep penawaran ini mencakup Tanda Dana Pemesanan (TDP) sebesar Rp 1 juta dengan cicilan yang ringan, persetujuan kredit yang cepat, dan proses negosiasi hingga mencapai kesepakatan.

 

Beberapa mobil yang bisa kamu beli kredit dengan TDP Rp1 juta adalah Honda CR-VToyota Vios, dan MASIH BANYAK MOBIL LAINNYA.

Jual Mobil, Dapat Dapat Penawaran Tertinggi

Bagi Sobi Caroline yang ingin menjual mobil atau melakukan tukar tambah, Caroline.id menyediakan tim inspeksi profesional yang akan memeriksa mobil langsung di rumah pelanggan atau di cabang Caroline terdekat yang dapat dikunjungi. Tim inspeksi ini akan melakukan pengecekan dan memberikan taksiran harga mobil dalam waktu 30 menit. Setelah kesepakatan tercapai dan dokumen lengkap, dana akan segera ditransfer dalam hitungan jam.

 

Bagi Sobi Caroline yang ingin menjual atau melakukan tukar tambah mobil lama, Caroline.id menawarkan promo khusus berupa jaminan ditawar harga tertinggi untuk mobilmu.

 

Jadi, tunggu apa lagi, JUAL BELI MOBIL BERGARANSI CUMA DI CAROLINE.ID!

 

Tanya-tanya di WhatsApp kami sekarang!

 

 

CTA Banner Jual Middle-Button Funnel.webp

AUTHOR
author-image
Dany M. Ridwan

Digital Analyst di PT Autopedia Sukses Lestari Tbk yang merupakan perusahaan holding dari Caroline.id. Sebagai penanggung jawab TikTok, Instagram dan blog, Dany berpengalaman dalam mengemas konten otomotif dalam bentuk artikel, video, maupun gambar statis. Dany telah berhasil meningkatkan visibilitas website, traffic media sosial dan channel lain dengan kontennya.

menu

Caroline.id merupakan platform jual beli mobil dengan tiga layanan utama yaitu jual, beli dan tukar tambah dan bisa diakses secara daring atau mengunjungi dealer Caroline.id terdekat.

Ikuti Kami

Icon social media instagramIcon social media facebookIcon social media tiktok
icon IC certificate SGS ISO 14001
© 2024 caroline.id Hak Cipta Terpelihara PT. Autopedia Sukses Lestari Tbk