Tips Membeli Mobil Bekas Matic yang Berkualitas

author-imageCaroline.id | 10 Dec 2018
Share
share-copylink
Detail Article

Membeli mobil matic bekas merupakan hal yang susah-susah gampang. Pasalnya jika Anda sedang ingin memiliki mobil, namun uang terbatas, Anda dapat membeli mobil matic bekas yang banyak ditawarkan baik online maupun offline. Cermat sebelum membeli mobil matic merupakan hal yang wajib. Anda tidak ingin bukan uang Anda terbuang untuk mobil bekas yang ternyata memiliki banyak kendala. Oleh karena itu Kami memberikan tips membeli mobil seken matic agar Anda dapat memilih mobil matic bekas yang berkualitas sehingga Anda dapat untung lebih tanpa perantara.

1. Perhatikan Kondisi Oli Mobil Matic

Hal yang wajib Anda cek ketika Anda akan membeli mobil pastinya kondisi mobil itu sendiri. Periksalah kondisi oli matic pada mobil yang akan Anda beli. Sebaiknya Anda memilih mobil matic bekas dengan kondisi oli matic yang masih bagus, sehingga Anda tidak akan rugi membeli mobil matic bekas. Cara mengecek oli matik yaitu dengan menghidupkan mobil dalam posisi netral (N).

Jika mobil sudah berada seperti dalam suhu kerja, maka periksalah warna oli matic dan ketinggiannya. Pastikan ketinggian oli matic sesuai dengan spesifikasi yang tertera. Kemudian, periksa juga warna oli matic pada mobil bekas. Apabila warna oli matic sudah menghitam, bisa jadi oli matic sudah lama tidak diganti, namun jika warna oli matic menghitam sedangkan pemakaian mobil baru sebentar, maka Anda patut curiga jika ada kerusakan di dalam mesin mobil. Sebab, warna oli matic yang bagus adalah yang berwarna merah segar.

2. Perhatikan Kondisi Komponen Mobil

Kondisi mobil selanjutnya yang perlu Anda cek adalah bagian body. Meskipun mesin merupakan komponen penting dalam mobil, tapi jika penampilan luar bermasalah, maka Anda juga akan mengeluarkan banyak uang lagi nantinya untuk memperbaiki body mobil Anda.

Perhatikan kondisi cat mobil, pastikan kondisi cat mobil masih bagus dan minim kerusakan. Kondisi lampu, kaca serta ban juga wajib Anda cek terlebih dahulu. Pastikan seluruh komponen mobil bekas masih dalam keadaan yang bagus. Sebab, goresan pada komponen mobil seperti body akan mempengaruhi harga jual/ harga beli mobil.

3. Perhatikan Box Transmisi

Tips membeli mobil seken matic selanjutnya adalah pastikan Anda membeli mobil matic bekas yang tidak mengalami kebocoran oli. Untuk mengeceknya Anda dapat melihat pada unit transmisi di body mobil matic, cek apakah ada bekas oli yang belepotan atau tidak. Sebaiknya Anda menghindari mobil matic bekas yang terdapat kebocoran dari celah blok transmisi.

4. Perhatikan Performa Mesin

Langkah selanjutnya yaitu mengetahui apakah mesin mobil masih dalam keadaan baik atau tidak. Anda dapat merasakan performa mesin dengan menghidupkan mobil. Lalu, dengarkan suara mobil, apakah ada suara-suara janggal yang Anda jumpai. Jika suara mobil masih halus, maka itu bisa menjadi indikasi bahwa kinerja mesin mobil masih bagus. Namun, untuk dapat mengetahui lebih pasti, Anda bisa melakukan test drive.

Test drive atau uji kelayakan jalan penting dilakukan untuk merasakan setiap komponen mobil dan mesin mobil masih berjalan dengan baik.

Setelah melakukan pengecekan mobil matic bekas seperti pada tips membeli mobil seken matic jika mobil berada dalam kondisi baik setelah dicek, maka Anda dapat mempertimbangkan untuk membeli mobil tersebut. Namun, yang tidak kalah penting, pastikan Anda menyiapkan sejumlah uang untuk keperluan setelah Anda membeli mobil matic bekas seperti mengurus surat menyurat dan pajak mobil. Untung lebih tanpa perantara hanya dapat Anda rasakan dengan membeli mobil bekas di Caroline.

AUTHOR
author-image
Caroline.id
menu

Caroline.id merupakan platform jual beli mobil dengan tiga layanan utama yaitu jual, beli dan tukar tambah dan bisa diakses secara daring atau mengunjungi dealer Caroline.id terdekat.

Ikuti Kami

Icon social media instagramIcon social media facebookIcon social media tiktok
icon IC certificate SGS ISO 14001
© 2024 caroline.id Hak Cipta Terpelihara PT. Autopedia Sukses Lestari Tbk