5 Jenis Perawatan Mobil Bekas untuk Mudik Lebaran Aman dan Nyaman

author-imageDany M. Ridwan | 26 Mar 2024
Share
share-copylink
Detail Article

Mudik Lebaran merupakan tradisi tahunan yang dinanti-nantikan oleh masyarakat Indonesia. Bagi yang memiliki mobil pribadi, tentu mudik dengan mobil menjadi pilihan yang nyaman dan praktis.

 

Karena jadi salah satu transportasi yang paling banyak dipilih saat mudik lebaran, tak jarang banyak orang yang sengaja beli mobil bekas untuk mudik. 
 

Namun, sebelum melakukan perjalanan mudik, terutama dengan mobil bekas, penting untuk memastikan kondisinya prima. 
 

Hal ini untuk menghindari risiko mogok di jalan yang dapat mengganggu perjalanan kamu sampai ke kampung halaman.

Jenis Perawatan Mobil Bekas untuk Mudik 

Mobil bekas, sama seperti mobil baru, membutuhkan perawatan rutin agar performanya tetap terjaga. 
 

Servis rutin idealnya dilakukan setiap 5.000 - 10.000 kilometer, tergantung pada jenis mobil dan kondisi penggunaannya.
 

Ada beberapa jenis perawatan mobil bekas yang bisa dilakukan untuk persiapan mudik Lebaran 2024 yang perlu disiapkan agar lebih nyaman dan aman selama di perjalanan, seperti:

1. Perawatan Mesin

Mesin merupakan bagian terpenting dari mobil. Oleh karena itu, perlu mendapat perhatian khusus sebelum mudik. 

 

Berikut beberapa hal yang perlu diperiksa pada bagian mesin:
 

  • Oli mesin: Pastikan oli mesin masih dalam kondisi baik dan sesuai dengan spesifikasi mobil. Ganti oli dan filter oli jika sudah waktunya.

 

  • Filter udara: Filter udara yang kotor dapat menghambat aliran udara ke mesin dan menyebabkan performa mesin menurun. Ganti filter udara secara rutin, idealnya setiap 5.000 kilometer.

 

  • Air radiator: Periksa level dan kondisi air radiator. Pastikan air radiator tidak bocor dan berwarna jernih.

 

  • Sistem pendingin: Pastikan sistem pendingin berfungsi dengan baik untuk mencegah mesin overheat. Periksa kipas radiator, thermostat, dan selang-selang air radiator.

 

  • Transmisi: Memastikan kondisi transmisi mobil selalu dalam keadaan optimal sangat penting, agar kenyamanan dan keamanan selama berkendara selalu terjaga.


Soal perawatan transmisi mobil terbaik, layanan Matic Jet Clean di Dokter Mobil bisa jadi opsi pertimbangan yang bisa dicoba. 
 

Dengan Matic Jet Clean, kerak karbon hingga kotoran yang sering menumpuk di bagian body valve dan solenoid matic akan dibersihkan hingga menyeluruh menggunakan mesin ultrasonic, sehingga performa transmisi mobil akan selalu maksimal selama perjalanan mudik. 

2. Perawatan Ban

Ban merupakan satu-satunya bagian mobil yang bersentuhan dengan jalan, sehingga kondisinya sangat penting untuk keselamatan. 
 

Berikut beberapa hal yang perlu diperiksa pada bagian ban:

 

  • Tekanan angin: Pastikan tekanan angin ban sesuai dengan spesifikasi mobil. Tekanan angin yang terlalu rendah atau terlalu tinggi dapat menyebabkan ban mudah bocor atau meledak. Gunakan alat pengukur tekanan angin ban untuk memastikan tekanan angin ban sesuai.

 

  • Kondisi ban: Periksa kondisi ban dari keausan, retak, atau benjolan. Ganti ban jika sudah aus atau terdapat kerusakan. Periksa ban secara menyeluruh, termasuk bagian samping dan telapak ban.

 

  • Rotasi ban: Lakukan rotasi ban secara rutin untuk memastikan keausan ban yang merata. Rotasi ban dapat dilakukan setiap 10.000 kilometer atau saat mengganti oli mesin.

3. Perawatan Rem

Sistem rem sangat penting untuk keselamatan berkendara. Berikut beberapa hal yang perlu diperiksa pada bagian rem:
 

  • Kampas rem: Periksa ketebalan kampas rem. Ganti kampas rem jika sudah tipis. Kampas rem yang tipis dapat menyebabkan pengereman yang tidak optimal dan berisiko kecelakaan.

 

  • Minyak rem: Periksa level dan kondisi minyak rem. Pastikan minyak rem tidak bocor dan warnanya masih jernih. Ganti minyak rem secara rutin, idealnya setiap 2 tahun sekali.

 

  • Fungsi rem: Pastikan sistem rem berfungsi dengan baik. Lakukan tes rem untuk memastikan pengereman yang optimal. Tes rem dapat dilakukan dengan cara menginjak pedal rem secara perlahan dan keras.

4. Perawatan Kelistrikan

Sistem kelistrikan sangat penting untuk menghidupkan mesin dan menjalankan berbagai komponen elektronik mobil. Berikut beberapa hal yang perlu diperiksa pada bagian kelistrikan:

 

  • Aki mobil: Periksa kondisi aki mobil dan pastikan masih prima. Jika aki sudah soak, sebaiknya ganti dengan yang baru. Aki mobil yang soak dapat menyebabkan mobil mogok dan tidak dapat dihidupkan.

 

  • Kabel-kabel: Periksa kabel-kabel kelistrikan mobil dan pastikan tidak ada yang longgar atau putus. Kabel yang longgar atau putus dapat menyebabkan korsleting dan kebakaran.

 

  • Sistem starter: Pastikan sistem starter berfungsi dengan baik. Starter yang bermasalah dapat menyebabkan mobil sulit dihidupkan.

5. Perawatan AC Mobil

AC mobil sangat penting untuk menjaga kenyamanan selama perjalanan mudik. Berikut beberapa hal yang perlu diperiksa pada bagian AC mobil:
 

  • Tekanan freon: Periksa tekanan freon dan lakukan penambahan jika diperlukan. Freon yang kurang dapat menyebabkan AC mobil tidak dingin.

 

  • Filter AC: Bersihkan filter AC dan evaporator untuk menjaga kualitas udara. Filter AC yang kotor dapat menyebabkan AC mobil tidak dingin dan bau tidak sedap.

 

  • Fungsi AC: Pastikan AC mobil berfungsi dengan baik dan dingin. Lakukan tes AC mobil sebelum mudik.

 

Soal perawatan AC mobil, pastikan untuk dilakukan di bengkel spesialis AC mobil terpercaya karena penanganannya bisa lebih komprehensif, menggunakan peralatan paling canggih, dan teknisi yang lebih berpengalaman soal masalah AC mobil. 

 

Dokter Mobil, sebagai bengkel spesialis AC mobil terkemuka di Indonesia, bisa jadi opsi pilihan terbaik yang bisa dituju, apalagi karena bengkel ini jadi pionir bengkel mobil bersertifikasi ISO di Indonesia. 
 

Apalagi selama bulan Ramadhan 2024, Dokter Mobil punya PROMO Service AC Mobil 99 RIBU yang berisi layanan cuci evaporator AC mobil, cuci kondensor AC mobil, dan general check up di 32 titik. 

 

Untuk info seputar reservasi promo service AC 99 ribu dari Dokter Mobil ini, bisa kamu cek di sini: https://domoindo.orderonline.id/promo-99k-domo-x-Caroline

 

Makin lengkapnya lagi, cabang-cabang Dokter Mobil beroperasi sampai pukul 9 malam di setiap harinya!
 

Jadi kamu tak perlu khawatir bengkel terlanjur tutup saat masih terjebak di perjalanan selama mudik, karena Dokter Mobil punya jam operasional lebih panjang dibandingkan bengkel-bengkel mobil lainnya. 
 

Selain melakukan perawatan mobil, berikut beberapa tips tambahan untuk persiapan mudik Lebaran dengan mobil bekas:
 

  • Bawalah perkakas dan suku cadang mobil yang penting untuk berjaga-jaga. Perkakas dan suku cadang yang penting antara lain dongkrak, kunci-kunci, ban serep, dan oli mesin.

 

  • Siapkan peta perjalanan dan informasi rute mudik. Peta perjalanan dan informasi rute mudik dapat membantu kamu menghindari kemacetan dan menemukan jalan alternatif.

 

  • Pastikan kondisi pengemudi prima dan patuhi aturan lalu lintas. Pengemudi yang prima dan patuh aturan lalu lintas dapat mengurangi risiko kecelakaan.
     

Merawat mobil bekas sebelum mudik Lebaran jadi hal yang sangat krusial untuk dilakukan. Pastikan service dan periksa komponen penting mobil secara menyeluruh sehingga perjalanan ke tempat tujuanmu bisa selalu aman dan nyaman.


 

mobile banner caroline.png

AUTHOR
author-image
Dany M. Ridwan

Digital Analyst di PT Autopedia Sukses Lestari Tbk yang merupakan perusahaan holding dari Caroline.id. Sebagai penanggung jawab TikTok, Instagram dan blog, Dany berpengalaman dalam mengemas konten otomotif dalam bentuk artikel, video, maupun gambar statis. Dany telah berhasil meningkatkan visibilitas website, traffic media sosial dan channel lain dengan kontennya.

menu

Caroline.id merupakan platform jual beli mobil dengan tiga layanan utama yaitu jual, beli dan tukar tambah dan bisa diakses secara daring atau mengunjungi dealer Caroline.id terdekat.

Ikuti Kami

Icon social media instagramIcon social media facebookIcon social media tiktok
icon IC certificate SGS ISO 14001
© 2024 caroline.id Hak Cipta Terpelihara PT. Autopedia Sukses Lestari Tbk