Ini Tarif Tol Terbaru Jakarta-Semarang Lengkap Semua Gerbang

author-imageDany M. Ridwan | 16 Apr 2024
Share
share-copylink
Detail Article

Bagi Sobi Caroline yang ingin bepergian ke Semarang, Jawa Tengah dan sekitarnya dari arah barat tentu bisa andalkan jalan tol. Perlu kamu ketahui bahwa tol Jakarta-Semarang adalah salah satu ruas tersibuk di tol Trans Jawa.

 

Demi peningkatan pelayanan, tarif tol Jakarta-Semarang telah mengalami beberapa kali penyesuaian. Lalu, berapa tarif tol Jakarta-Semarang 2024 terbaru? Berikut penjelasannya.

Daftar Golongan Kendaraan di Tol

Sebelum bisa mengetahui tarif tol Jakarta-Semarang, kamu harus tahu dulu kendaraan kamu masuk golongan berapa. Dengan begitu, kamu bisa menyiapkan kartu uang elektronik terlebih dahulu supaya perjalanan lancar.

 

Berdasarkan Badan Pengatur Jalan Tol, kendaraan bermotor yang menggunakan jalan tol dikelompokkan menjadi enam jenis golongan kendaraan, yaitu:

 

  • Golongan I : mobil sedan, jip, pick up atau truk kecil, dan bus.

 

  • Golongan II : truk besar dengan dua gandar.

 

  • Golongan III : truk besar dengan tiga gandar.

 

  • Golongan IV : truk besar dengan empat gandar.

 

  • Golongan V : truk besar dengan lima gandar.

 

  • Golongan VI : kendaraan bermotor roda dua.

 

Penggolongan tersebut telah diatur dalam Keputusan Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (Kepmen PUPR) No. 370/KPTS/M/2007. Masing-masing golongan kendaraan ini dikenakan tarif gerbang tol yang berbeda.

Rincian Tarif Tol Jakarta-Semarang

Untuk perjalanan dari Jakarta ke Semarang, kamu akan melintasi jalan tol Trans Jawa yang meliputi 7 ruas tol, yakni ruas jalan tol Jakarta-Cikampek, ruas Cikampek-Palimanan, ruas Palimanan-Kanci, ruas Kanci-Pejagan, ruas Pejagan-Pemalang, ruas Pemalang-Batang, dan ruas Batang-Semarang.

 

Melansir dari Badan Pengurus Jalan Tol (BPTJ) dibawah Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyata (PUPR), berikut adalah rincian tarif tol Jakarta-Semarang agar kamu bisa mempersiapkan kartu elektronik kamu sebelum memulai perjalanan. Perlu diperhatikan bahwa rincian di bawah mengacu kepada kendaraan golongan I, yakni sedan, bus, pikap/truk kecil, dan bus.

 

  • Ruas Tol Jakarta-Cikampek (72 km): Rp27.000 untuk kendaraan golongan I.

 

  • Ruas Tol Cikopo-Palimanan (116,75 km): Rp119.000 untuk kendaraan golongan I.

 

  • Ruas Tol Palimanan-Kanci (26,3 km): Rp13.500 untuk kendaraan golongan I.

 

  • Ruas Tol Kanci-Pejagan (35 km): Rp29.500 untuk kendaraan golongan I.

 

  • Ruas Tol Pejagan-Pemalang (27,5 km): Rp66.000 untuk kendaraan golongan I.

 

  • Ruas Tol Pemalang-Batang (39,19 km): Rp47.500 untuk kendaraan golongan I.

 

  • Ruas Tol Batang-Semarang (75,6 km): Rp111.500 untuk kendaraan golongan I.

 

Total tarif tol Jakarta-Semarang untuk kendaraan golongan I adalah Rp414.000. Perlu diingat bahwa tarif tol dapat berubah sewaktu-waktu, namun informasi ini masih relevan untuk tahun 2024.

 

Selain mengetahui tarif tol, ada beberapa tips untuk berkendara dengan aman di jalan tol, termasuk mempersiapkan kendaraan, diri, dan memahami rute perjalanan dengan baik. Dengan persiapan yang matang, perjalanan kamu dari Jakarta ke Semarang melalui jalan tol dapat berjalan lancar dan aman.

Tips Berkendara dengan Aman di Jalan Tol

Berikut beberapa tips untuk berkendara dengan aman di jalan tol, terutama jika kamu akan menempuh perjalanan sejauh sekitar 400 kilometer dari Jakarta ke Semarang:

Pastikan Kendaraan dalam Kondisi Optimal

Sebelum memulai perjalanan, penting untuk memeriksa kondisi kendaraan kamu. Periksa mesin, cairan seperti oli, radiator, dan bahan bakar untuk memastikan bahwa mobil kamu siap untuk menempuh perjalanan jauh. Periksa juga kondisi ban, khususnya tekanan angin, karena memiliki tekanan angin yang tepat akan membuat perjalanan lebih nyaman. Jangan lupa untuk memeriksa rem dan lampu kendaraan untuk keamanan selama perjalanan.

Persiapkan Diri dengan Baik

Pastikan kamu mendapatkan istirahat yang cukup sebelum memulai perjalanan agar tetap segar selama perjalanan. Bawalah makanan ringan dan air minum untuk menyegarkan diri tanpa membuat kamu mengantuk karena kekenyangan. Gunakan pakaian yang nyaman karena kamu akan menghabiskan sekitar lima jam dalam perjalanan.

Kenali Rute Perjalanan

Dengan kemajuan teknologi, kamu dapat dengan mudah menemukan rute perjalanan menggunakan aplikasi seperti Google Maps. Disarankan untuk memiliki beberapa rute alternatif selain rute utama, sehingga kamu memiliki opsi saat menghadapi kemacetan atau pengalihan jalan.

 

Sebelum memulai perjalanan jauh melalui jalan tol dari Jakarta ke Semarang, pastikan kendaraan kamu dalam kondisi baik untuk menghindari gangguan selama perjalanan. Dengan mematuhi tips ini, kamu dapat menjaga kenyamanan berkendara bagi kamu dan keluarga.

 

Butuh Mobil untuk Perjalanan Jauh? Simak Promo Mobil Bekas Caroline.id Mulai April 2024

Mobil DP Suka-suka, Mulai 1 Juta!

Pertama, ada promo TDP 1 Juta. Yak kamu tidak salah dengar kok, beli mobil lebih murah dari motor, 1 juta! Dan pastinya cicilannya juga rendah kok.

 

Konsep penawaran ini mencakup Tanda Dana Pemesanan (TDP) sebesar Rp 1 juta dengan cicilan yang ringan, persetujuan kredit yang cepat, dan proses negosiasi hingga mencapai kesepakatan.

 

Beberapa mobil yang bisa kamu beli kredit dengan TDP Rp1 juta adalah Honda CR-VToyota Vios, dan MASIH BANYAK MOBIL LAINNYA.

Jual Mobil, Dapat Dapat Penawaran Tertinggi

Bagi Sobi Caroline yang ingin menjual mobil atau melakukan tukar tambah, Caroline.id menyediakan tim inspeksi profesional yang akan memeriksa mobil langsung di rumah pelanggan atau di cabang Caroline terdekat yang dapat dikunjungi. Tim inspeksi ini akan melakukan pengecekan dan memberikan taksiran harga mobil dalam waktu 30 menit. Setelah kesepakatan tercapai dan dokumen lengkap, dana akan segera ditransfer dalam hitungan jam.

 

Bagi Sobi Caroline yang ingin menjual atau melakukan tukar tambah mobil lama, Caroline.id menawarkan promo khusus berupa jaminan ditawar harga tertinggi untuk mobilmu.

 

Jadi, tunggu apa lagi, JUAL BELI MOBIL BERGARANSI CUMA DI CAROLINE.ID!

 

Tanya-tanya di WhatsApp kami sekarang!

 

 

AUTHOR
author-image
Dany M. Ridwan

Digital Analyst di PT Autopedia Sukses Lestari Tbk yang merupakan perusahaan holding dari Caroline.id. Sebagai penanggung jawab TikTok, Instagram dan blog, Dany berpengalaman dalam mengemas konten otomotif dalam bentuk artikel, video, maupun gambar statis. Dany telah berhasil meningkatkan visibilitas website, traffic media sosial dan channel lain dengan kontennya.

menu

Caroline.id merupakan platform jual beli mobil dengan tiga layanan utama yaitu jual, beli dan tukar tambah dan bisa diakses secara daring atau mengunjungi dealer Caroline.id terdekat.

Ikuti Kami

Icon social media instagramIcon social media facebookIcon social media tiktok
icon IC certificate SGS ISO 14001
© 2024 caroline.id Hak Cipta Terpelihara PT. Autopedia Sukses Lestari Tbk